Selasa, November 02, 2010

Pengalaman Endoskopi (endoscopy)

Ini pengalaman gw pertama kali endoskopi, berawal dari rasa sakit pada perut yang berkepanjangan (dua bulanan). Setelah diperiksa di lab diketahui HB saya rendah (9,7). Dan berdasarkan beberapa indikasi, Dokter mencurigai ada luka di lambung. Akhirnya gw disarankan untuk menjalani pemeriksaan endoskopi. Apa sih endoskopi (endoscopy) itu?

Ini gw copas dari WartaMedika:

Dulu, untuk memeriksa atau mengobati gangguan pada organ tubuh bagian dalam seringkali membutuhkan operasi terbuka. Tetapi, setelah endoskopi digunakan secara luas, operasi terbuka telah jarang dilakukan.

Endoskop adalah alat yang digunakan dalam pemeriksaan endoskopi. Alat ini berbentuk pipa kecil panjang yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh, misalnya ke lambung, ke dalam sendi, atau ke rongga tubuh lainnya. Di dalam pipa tersebut terdapat dua buah serat optik. Satu untuk menghasilkan cahaya agar bagian tubuh di depan ujung endoskop terlihat jelas, sedangkan serat lainnya berfungsi sebagai penghantar gambar yang ditangkap oleh kamera. Di samping kedua serat optik tersebut, terdapat satu buah bagian lagi yang bisa digunakan sebagai saluran untuk pemberian obat dan untuk memasukkan atau mengisap cairan. Selain itu, bagian tersebut juga dapat dipasangi alat-alat medis seperti gunting kecil, sikat kecil, dll.

Endoskop biasanya digunakan bersama layar monitor sehingga gambaran organ yang diperiksa tidak hanya dilihat sendiri oleh operator, tetapi juga oleh orang lain di sekitarnya. Gambar yang diperoleh selama pemeriksaan biasanya direkam untuk dokumentasi atau evaluasi lebih lanjut.

Endoskopi tidak hanya berfungsi sebagai alat periksa tetapi juga untuk melakukan tindakan medis seperti pengangkatan polip, penjahitan, dan lain-lain. Selain itu, endoskopi juga dapat digunakan untuk mengambil sampel jaringan jika dicurigai jaringan tersebut terkena kanker atau gangguan lainnya.

Nah...seram gak tu? Jiper gw... asli...! Akhirnya hari Senin jam 11.30 WIB saya sudah terbaring pasrah di meja operasi didampingi istri tercinta. Suster sepertinya agak kesulitan mencari pembuluh darah yang nantinya digunakan untuk memasukkan obat tidur. Setelah dengan susah payah akhirnya jarum suntik itu menembus kulit saya dengan sukses. Dicoba dulu dengan cairan NhCl, gak terlalu sakit. Baru kerasa sakit luar biasa setelah obat tidur dicoba untuk disuntikkan. Teriak dong gw....!

Oooo ternyata gak kena pembulu darah. Proses diulang, kali ini dilakukan oleh perawat yang laki-laki. Kayaknya lebih jago...terbukti gak berasa sakit dan akhirnya obat tidur siap disuntikkan. Sebelumnya dokter menyemprotkan cairan ke tenggorokan.

"Pak Bunyamin...ini cairan akan saya semprotkan, rasanya agak pedas... disimpan di belakang lidah, ya selama 3 menit... jangan ditelan dulu..." Kata Pak dokter.

Tetap aja itu cairan ketelan... dan tiba tiba gw ngerasa lidah gw gak bisa digerakkan. Lidah dan tenggorokan berasa kebal. Dalam keadaan begitu, perawat nanyain nomor telepon gw...jadilah gw ngejawab dengan cadel,"Huzuuu helahann hohoongg hiiiigaaa..." (maksudnya tujuh delapan kosong tiga....)

Saya akhirnya pasrah terbaring miring menghadap ke dokter sambil menggigit semacam mika berbentuk bulat bolong tengahnya, pikiran gw waktu itu...pasti ini nanti buat tatakan endoskop.

"Pak Bunyamin...sekarang kami akan menyuntikkan obat tidur" srot...suster menyuntikkan obat tidur.

"Tutup matanya...tidur..." Kata suster dengan lembut.

.......... (gw gak sadar)

Tau...tau pas sadar, gw sudah berada di ruangan lain. Sudah ada istri yang memandangi dengan wajah cemas. Jadi gw benar-benar gak sadar selama proses endoskopi.

"Ini dimana?"

Pertanyaan klasik setiap orang yang habis dibius. Gw gak ngerasa apa-apa ketika endoskop yang panjangnya sekitar 2 meter itu masuk melalui mulut dan terus menjalar ke lambung dan saluran pencernaan. Gw cuma dengar cerita dari istri, selama proses endoskopi mata saya mengeluarkan air (air mata) seperti menangis. Dan tangan serta kaki saya bergerak-gerak sehingga harus dipegang oleh beberapa orang perawat. Dan ini memancing istri ikut menangis.

Istri menunjukkan hasil foto-foto endoskopi dan alhamdulillah gak ada masalah dengan lambung dan usus besar saya. Semuanya baik-baik saja.

Thanks, God!!



77 komentar:

  1. itu bener2 gk kerasa alatnya masuk ..
    trus hbis menjalani pemeriksaan endoskopi.apa hrus opname dirumah sakit dlu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya abis di endoskopi ga perlu opname, endoskopi cuma berlangsung 10-15 menit, efek endoskopi cuma mual dan kebal selama 2 jam setelah endoakopi. jadi ga perlu di opnam, langsung makan aja, karna sebelum endoskopi kita puasa dari malem

      Hapus
    2. Kalau pemeriksaan buat endoscopy itu biasanya suka langsung apa ada jadwalnya dulu kalau ke dr spesialisnya langsung

      Hapus
    3. Bagi infonya dong.kalau setelah endoscopy terus dikasih sama perawatan obatnya.apa nanti kalau sudah selang beberapa kemudian di endoscopy lagi ga buat tau hasilnya.makasih

      Hapus
  2. Dnger dari ceritanya sya tertarik melakukan endoskopi , sudah 2 minggu sya merasakan panas sekali di bagian lambung , dada sakit , sering datang perasaan cemas . mengganggu sekali aktivitas saya .

    kira kira mahal gak biaya endoskopi itu?

    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di rS imanuel Bandung jl kopo biayanya 2 sampai 2.5 jt

      Hapus
    2. kalo pake bpjs kaga bayar selama sesuai prosedur pengobatan

      Hapus
  3. ya allah seram banget,,,skr anak sy yg berumur 6 tahun mau di endoskopi gmn jadinya tuh,,sy jd takut???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, anak kecil jangan mengalami operasi klobisa mba, kasian, nanti dia trauma... Ada cara yg lebih baik, yaitu minum colostrum 4life. Pengalaman sy ibu sy sendiri, beliau kena vasculitis, di vonis dokter suruh berobat ke rmh sakit pondok indah krn dokter2 biasa ga sanggup menangani. Sy kebingungan krn tidak ada cukup biaya, rmh sakit pondok indah, anda tau sendiri berapa biaya yg akan di keluarkan. Iseng2 sy tanya obat yg manjur sm tunangan sy, dia menyarankan 4life. Akhirnya sy coba, alhamdulilah dlm waktu ga sampai sebulan ibu sy sembuh. Harga nya tidak sampai puluhan juta spt berobat di pdk indah.

      Kalau mba mau untuk anak mba, boleh hubungi sy, nanti sy carikan utk anak mba... Sy di 08111335622 dengan Keni.... Sy bukan sales atau sengaja mengiklankan, sy hanya ingin membantu agar anak anda sembuh...

      Hapus
    2. Anonim11:00 AM

      mbak keen, coloustrum itu bisa untuk mengobati sakit apa aja?
      bisa nggak untuk maag kronis?
      kalo boleh tau, beli coloustrumnya dmn?

      Hapus
  4. aku sakit maag udah lama bngt , mkn skt g mkn jg skt. pngn endoskopi tpi kok takut ya. qr2 beaya'ne brp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim4:27 PM

      endoscopy biayanya sekitar 1.5 jutaan, tapi kalau memakai ASKES 480rban..

      Hapus
    2. Mamah saya udh diare dari bulan desember, 2mnggu lg mau di endoskop. Kalau pke bpjs ke RS kira2 bayar apa tdk yaa?

      Hapus
    3. kaalo pake bpjs selama prosedurnya benar kaga bayaar sama sekali untuk endoskopi

      Hapus
  5. ane prnah ngrasain indoscopi kagak i kasih obat tidur,cman i semprotin cairn bis to i sruh nelen........
    dan proses memasukan selang sampai e dlm prut saya sdar,,,
    dan rsany begitu tdk mengenakan....
    gag lagi" dh ngalamin kjadian sperti itu lok gag trpaksa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya endoskopi di bius total jd kita ga berasa apa2 tau2 dah selesai, saya baru saja melakukan endoskopi

      Hapus
  6. Anonim4:51 PM

    biasanya dokter meresepkan Librax, Librax mengatasi gangguan saluran cerna yg diakibatkan krn stress, gejalanya biasanya asam lambung naik, diare dan perut terasa tidak nyaman, tapi bisa mengalami ketergantungan jika diminum lebih dari 2 minggu krn mengandung benzodiazepam (obat keras terbatas) . saya promote obat tsb karena di surabaya dokter yang melakukan endoskopi kadang meresepkan obat tersebut, dan hanya bisa didapatkan dari resep dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim2:03 PM

      Saya juga merasakan gejala seperti itu.sudah 1 minggu ini asam lambung tinggi,kadang diare,perut mules-mules terus.

      Hapus
  7. Saya sdh hampir 4thn kata dokter sih lambung tp ash minum obat dr dosis rendah sampai tinggi wah sdh macem2 obat udh terapi,herbal tp belom normal2,apa memang perlu diendoacopi yah...tp belom berani sereeeemmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada yg perlu di takutin untuk endoskopi, tadi awalnya juga saya takut, tapi pas ngejalanin alhamdulilah mudah, cuma 10 menit, dan tidak terasa apa2 karna di kasih obat kebal, hanya saja napas berkurang 40 persen, dan efek setelah endoskopi hanya mual dan kebal di mulut selama hampir 2 jaman

      Hapus
  8. Alhamdulillah saya baru sehari menjalankan endescopy. Tdk sakit dan tdk merasakan apa2. Setelah sadar dari tindakan endoscopy, hasilnya lambung, saluran pencernaan dan usus saya memerah (radang), usus besar sedikit lecet dan ada benjolan kecil

    BalasHapus
  9. Saya sudah d rawat d advent 14 hari. Awal diagnosa lambung tp setelah d ct scan,usg,cek darah dan urine hasilnya bagus. D ksh obat lambung sampe dosis tinggi gk membuat perubahan yg baik pd akhirnya dokter menyuruh saya endoscopy namun d rshs. Ada yg tw gk info biaya d rshs brp dan klo d sna si pasien d suntik obat tidur gk ?? Mohon infonyaaa. Terimakasiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo endoskopi minta di bius total mb Rahma gak sakit sama sekali prosesnya juga cepat saya baru aja endoskopi ga sakit kok

      Hapus
  10. terimaksih banyak atas informasi mengenai endoscopy....krn sy sndri mengalami sakit pada perut bagian kanan sdh 2 bulan ini....tp tdk ada perubahan sampai skrng..diagnosa macam".....dlm wktu bersamaan sakit usus bntu kronis....kista di ovarium..pembesaran rahim....dsb....semua mnyatakan tdk apa" tp...skit masih terasa skali.........smoga informasi ttg endoscopy brmnfaat utk saya dn teman" yg lain.....terimakasih pak...

    BalasHapus
  11. Endoscopi bs pake bpjs,
    Ane prnh di rsud.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Endoscopi bisa pake bpjs kah

      Hapus
  12. Anonim11:34 AM

    Thanks infonya gan, bapak ane (usia 58) sakit maag sdh mennahun dan skrg lagi nyari info soal endoskopi lambung

    BalasHapus
  13. endoscopi tdk bsa pake BPJS

    BalasHapus
  14. Endoscopy bisa pake BPJS,
    Saya pernah, ga berasa apapun, ga sakit, sementara jadi lebih enak dibanding sebelom tindakan tersebut,
    Cuma kyaknya ada efek nyeri di rongga kiri ni,
    Saya tanya temen yg endoscopy juga ngerasain

    BalasHapus
  15. Saya mw nnya untuk RS di jakarta yang melayani endoskopi bius di mana y dan biaya nya berapa..kebetulan saya berada di luar kota jakarta dan hrs di rujuk oleh Dr nya ke jakarta untuk endoskopi..terima kasih info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya dokternya yg merujuk aja
      Mereka sesama dokter pasti tau
      Ataw ke RS Umum pasti ada

      Hapus
    2. di siloam brapa ya biayanya?

      Hapus
    3. di siloam brapa ya biayanya?

      Hapus
    4. Insya Allah Sabtu ini anak saya 8 th akan menjalani pemeriksaan Endoskopi untuk prosedure dekanulasi trakeostomi di Siloam Hospital. Pakai BPJS. tidak bayar sama sekali. Semoga Lancar Dan dapat keputusan yang terbaik. Aamiin.

      Hapus
    5. rspad gatot subroto, rsud tarakan, itu keduanya gratis menggunakan bpjs, hanya tidak memakai bius, di ganti obat kebal,tidak terasa sedikitpun, hanya napas berkurang 40 persen,dan efek setelah nya mual selama 2 jam

      Hapus
  16. Aku endoskopi 2 kali biaya grts pl bpjs...n endokopi tdk mengerikannn... Tdk spt yg ku bayangkan cm, hbs di bius, pusing, pengen mnth, keringatan... Uhhh parah hbs nya lemmsss pgn pingsan

    BalasHapus
  17. Berapa lama ya prosesnya menjalano endoskopi?sampai opname kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga sampe di opname, ga ada yg harus di takuti, rasanya setelah endoscopi hanya mual dan kebal selama 2 jam

      Hapus
  18. Kalo yg di bdg pke bpjs bwat endoscopy dmn ja?ada yg tau?

    BalasHapus
  19. saya baru saja d endoscopy tidak berasa apa2 sama sekali.. cuman pas d bius nya kepala kleyengan langsung ga sadar aja.. bangun2 ky org linglung ini dimana,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdh pulang ke rumah yg dirasa apa dlm 1-2 hr??

      Hapus
    2. Sdh pulang ke rumah yg dirasa apa dlm 1-2 hr??

      Hapus
  20. saya baru saja d endoscopy tidak berasa apa2 sama sekali.. cuman pas d bius nya kepala kleyengan langsung ga sadar aja.. bangun2 ky org linglung ini dimana,,,

    BalasHapus
  21. Di RS PMI BOGOR..ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di RS PMI Bogor kira-kira biayanya berapa ya?
      Kalau enggak pakai BPJS biayanya mahal banget?
      Sebelum melakukan endoskopi, kita bisa konsultasi dulu kan?
      Tolong bantu Jawab ya, saya bingung mau nanya ke siapa. Orang tua saya juga belum tahu tentang endoskopi.

      Hapus
    2. Bisa konsultasi ke dr spesialis dalam mb, klo mmg dr menyarankan untuk endoskopi segera dilaksanakan biar tdk terlambat, klo disolo 3 jt lebih biayanya ga ada 4 jt

      Hapus
  22. Masya alloh kalo dari awal saya tau biaya nya dan cara kerja nya endoskopi itu seperti td mas jelasin mungkin bapa saya sekarang masih hidup.,
    Karna si dokter tidak bermoral juga tidak menjelaskan se murah dan se gampang itu.,Proses endoscopy.,

    BalasHapus
  23. Sahabat...saya minta tolong kali infonya. 2 minggu lalu bapak saya dilakukan endoscopy katanya mau menghancurkan prospat bapak saya. Disalah satu RS swasta pake BPJs. Tapi efeknya bapak saya kencing mengeluarkan darah setelah 2minggu. Jarna gak sembuh saya membawanyabke RS swasata dimedsn tanpa BPJS Hari ini Dr.menyarankan endoscopy lagi..setelah melakukan pemasangan catater karna ada pergumpalan darah sebesar 8jt. Apakah setalah 2 minggu sudah melakukan endoscopy kita bisa langsung lagi di RS swasta medan. Saya takut lambung bapaj saya jadi rusak. Thx bgt. Apa ya obat alami prostat.?

    BalasHapus
  24. Saya mau endoskopi besok biayannya 12 jt di RS Medistra jakarta untungnya di cover asuransi.jadi takut nih dibius kagak yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo endoskopi pasti di bius mb

      Hapus
  25. saya sudah 3 blan kena gerd..mau endoscopy tapi ga tau di rs mana ya biasa pake bpjs buat endoscopy..tolong infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di RS fatawati bisa. Mamah saya mau di endoskop

      Hapus
    2. Biaya endoscopy di RS fatmawati brp? Saya dirujuk endoskop kesana nih

      Hapus
    3. kalo pake bpjs kaga bayar selama sesuai prosedur, kalo pribadi kira2 1-2 jt

      Hapus
  26. Sy besok akan rawat inap di rs. Lusax akan dilakukan tindakan endoscopi. Dan sy menggunakan bpjs. Mohon doax y teman" semoga berjalan lancar dan bsa kembali sehat.

    BalasHapus
  27. Mohon doanya...anak saya hari NI jg mjlani evaluasi dari endoscopi .. Kebetulan proses kmrin sempet ada pendarahan di rongga hidungnya...saya merasa kasihan aja Krn utk anak2 dlm wkt 3 hari mjlani bius 2 kali...semoga Allah memberi petunjuk lewat keahlian Dr.dan assistannya dng bisa memberi kesembuhan pd anak saya...amin

    BalasHapus
  28. Mohon doanya...anak saya hari NI jg mjlani evaluasi dari endoscopi .. Kebetulan proses kmrin sempet ada pendarahan di rongga hidungnya...saya merasa kasihan aja Krn utk anak2 dlm wkt 3 hari mjlani bius 2 kali...semoga Allah memberi petunjuk lewat keahlian Dr.dan assistannya dng bisa memberi kesembuhan pd anak saya...amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lancar dan diberi kesembuhan sehat amin..

      Hapus
  29. Kalau saya dokter merencanakn untuk di endoscopy kalau tidak terlihat dilanjutkan dgn ct scan karna sudah lama saya merasakan sakit ulu hati.. Dan biayanya pun saya cukup kaget dgn biaya 4 jt d santosa hospital. jdi menurut kalian yg sudah berpengalaman lebih baik melakukan endoscopy atau ct scan perut?? Saya benar" bingun tolong d bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. endoscopy lebih bisa terlihat menyeluruh karna di lengkapi kamera di dalamnya, masalah batu empedu pun bisa terlihat jelas

      Hapus
  30. perkenalkan kami perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Appoitment dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi
    4. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    5. Mempermudah Claim Asuransi.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami....
    More info
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 - Indonesia.
    WA : +6281 331777697
    Line: +6281 4026 2166
    Mobile: +6283 8300 28050
    Phone : +6231 5020588 / 5026505
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  31. Ibu saya mengalami nyeri di perut dan muntah darah hitam serta bab nya jg hitam. Setahun lalu pernah opname dan menjalani pemeriksaan pembersihan lambung dgn di masukin selang lewat hidung hasilnya nihil dan lambung bersih. Sampai berjalan setahun ini baru kambuh lagi dan opname lagi. Pemeriksaan sedot lambung jg di lakukan dan hasilnya jg nihil maka dokter menyarankan untuk pemeriksaan endoscopy dan hari jumat bsk baru dilakukan endoscopy. Yang ingin saya tau apa pemeriksaan endoscopy itu selalu di bius obat tidur atau ada yg di bius lokal? Karena menurut banyak orang endoscopy itu sakit dan ibu saya sepertinya takut menjalani endoscopy.
    Mohon di bantu info bagi yg pernah menjalani endoscopy

    BalasHapus
    Balasan
    1. endoskopi tidak sebenar apa yg kita bayangkan,pengerjaan nya cuma sekitar 10- 15 menit saja, dan tidak terasa apa2 karna di berikan obat rasa kebal di mulut, hanya saja napas jadi berkurang 40 persen, dan setelah endoscopy efek mual dan kebal akan terasa sampe 2 jam saja

      Hapus
    2. Trus apa kah ada efek lain yg d rsa kan stelah endoscopy ,tlng info ny

      Hapus
  32. Ibu saya mengalami nyeri di perut dan muntah darah hitam serta bab nya jg hitam. Setahun lalu pernah opname dan menjalani pemeriksaan pembersihan lambung dgn di masukin selang lewat hidung hasilnya nihil dan lambung bersih. Sampai berjalan setahun ini baru kambuh lagi dan opname lagi. Pemeriksaan sedot lambung jg di lakukan dan hasilnya jg nihil maka dokter menyarankan untuk pemeriksaan endoscopy dan hari jumat bsk baru dilakukan endoscopy. Yang ingin saya tau apa pemeriksaan endoscopy itu selalu di bius obat tidur atau ada yg di bius lokal? Karena menurut banyak orang endoscopy itu sakit dan ibu saya sepertinya takut menjalani endoscopy.
    Mohon di bantu info bagi yg pernah menjalani endoscopy

    BalasHapus
  33. Saya sudah berbulan-bulan mengalami susah buang air besar, perut selalu sakit dan terasa penuh sekalipun selesai BAB. Saya ingin melakukan endoskopi tapi tidak tahu kisaran berapa biayanya bila tidak memakai BPJS. Orang tua saya juga belum saya beri tahu mengenai niat saya untuk melakukan endoskopi.
    Sebelum melakukan endoskopi apa kita bisa konsultasi dulu dengan dokter? Kalau iya, kira-kira berapa biaya untuk konsultasi dan baiknya di rumah sakit mana. Saya tinggal di Bogor jadi saya mencari rumah sakit yang ada di sekitar Bogor.
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsultasj ke dokter spesialis penyakit dalam dulu mbak, nanti dapat recomendasi

      Hapus
  34. Udh sebulan neh sya rsakan nyeri skit d ulu hati ,diagnosa sya dr dokter yg rwat sya Dypepsia ,ttp BAB sya normal and ktoran ny pun brwarna normal ttp dokter nyaran kan sya buat endoscopy krn nyeri d ulu hati sy. Besok insyaallah sya akn d endoscopy d rmh skt swata d medan dgn fasilitas bpjs ats rujukan dr dokter yg mrawat sya tpi jjur saya msh takut bayangin alat endoscopy itu msuk k tbuh sya ,apa lg bius yg d guna kn kta ny sparoh sadar and sya bs mrasakan sdikit perih kta ny ,apa bnr bgtu ,Apa kah hrs sya batal kan saja tindakan endoscopy ini y jjr sya mrsa kan tkut skali apa lg pake fasilitas bpjs tkut sya tlong info ny ya tks

    BalasHapus
  35. saya juga takut untuk endoscopy...saya punya penyakit magh akut... tapi saya sekarang akan coba brobat dng dr yusuf semoga cocok dan saya bisa sembuh amin...

    BalasHapus
  36. oh ya kalau ada yg mau ikut brobat juga ke dr yusuf ini no hp ny 085361675232 semoga kita bisa sembuh amin...

    BalasHapus
  37. Saya setiap Minggu kedokter berobat lambung, tp mau endoskopi katanya mahal , brpa sieh biayanya , tp takut buat ngelakuin

    BalasHapus