Minggu, Oktober 24, 2010

Iklan humor JAMSOSTEK apakah efektif?

Menurut Courtland L Bovee:

“Advertising is the nonpersonal communication of information usually paid for and usually persuasive in nature about products, services or ideas by identified sponsors through the various media.”

Mari kita bahas satu persatu maksud dari definisi diatas:

Non personal artinya iklan tidak melibatkan pertemuan langsung dengan pembeli

Komunikasi artinya iklan tidak hanya melibatkan suara dan gambar saja tapi lebih dari itu, informasi melibatkan ide dan perasaan.

Informasi didefinisikan sebagai pengetahuan (knowledge) fakta atau berita. Iklan harus disampaikan sesuai dengan kenyataan bukan berita bohong.

Berbayar, berbeda dengan humas yang tidak memerlukan biaya maka pengiklan harus mengeluarkan biaya untuk memasang iklan.

Persuasif, tujuan dasar dari iklan adalah untuk membedakan dengan produk lain tujuannya untuk membujuk konsumen agar memilih produk atau jasa pengiklan.

Produk, jasa atau ide adalah segala sesuatu yang ingin dijual oleh pengiklan bisa produk, jasa atau ide.

Media adalah tempat iklan ditayangkan termasuk Koran, surat kabar, majalah radio, televise, papan reklame poster dan sebagainya yang dapat membantu proses komunikasi dengan cara non-personal.

Sedangkan menurut Paul Copley,

“Advertising is by and large seen as an art – the art of persuasion – and can be defined as any paid for communication designed to inform and/ or persuade.”

Dimana iklan adalah sebuah seni dari persuasi dan dapat didefinisikan sebagai desain komunikasi yang dibiayai untuk menginformasikan dan atau membujuk.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya iklan bertujuan untuk membujuk konsumen agar mengikuti sesuai yang dikehendaki oleh pemasang iklan.

Didalam "memainkan" emosi konsumen, pengiklan menggunakan berbagai metode yang biasa disebut “advertising appeals” (daya tarik iklan) diantaranya sex, ketakutan (fear), dan humor.

Ada tiga mekanisme utama iklan humor diharapkan dapat bekerja lebih efektif dibanding iklan langsung (ACTIVE & CREATIVE independent):

  1. Iklan humor lebih diperhatikan yakni sebagai penarik perhatian yang sangat baik.
  2. Iklan humor jarang mendapatkan kritik karena penonton memprosesnya sebagai hiburan bukan sebagai evaluasi benar atau salah.
  3. Iklan humor lebih disukai dan terbukti memiliki probabilitas tinggi untuk menjadi efektif.
JAMSOSTEK belakangan ini menggunakan pendekatan humor pada iklan yang ditayangkan di tivi. Apakah efektif? Tentunya diperlukan survey mendalam untuk mengetahui seberapa efektif iklan ini. Tapi saya mencoba memberikan gambaran betapa iklan tersebut berhasil menarik perhatian penonton. Seperti tergambar dari twitter di bawah ini:

rororizky RizkyWidyaHandayani:
anjiis iklan jamsostek kocak banget nih, badan gede tapi nangis guling2 di ubin, bwakakak..

@vinanocky:
iklan jamsostek lucuuuu, ngakak abeees !"

paramithafajar Paramitha Fajar
Kok sediih ya liat tangisan bapak" di iklan jamsostek..hahaha

novabya Nova Alaydrus
Iklan jamsostek ngenes kocak dah !

cumi2_nyanyok Siiyfathonah meynic
Hahahha liat iklan#jamsostek Ngakaaaaak abiiisssss! :D

lovinARRR Lovin Arinda
Iklan jamsostek nya bikin geliiiiii! Hahaa

max1garcia Max Garcia
Iklan jamsostek lucu abis....

Dianrizkiy Dian rizky
Hahaha iklan "jamsostek" kocak bener

akmal_lamka Akmal Firdaus
hahaha :D .Lucu liat iklan jamsostek..

dejeputri dwiyanti j putri
Itu yg iklan jamsostek,sedih amat deh nangisnya wkwk

chrislolowang Chris_aja
Liat iklan jamsostek.. Lsg ngakak.. Lucu banget...

firmanfauzan:
Liat iklanJamsostek kok jadi inget gw ga dilindungi Jamsostek yaah :'(


3 komentar:

  1. Kartu jht sy hilang sy juga lupa no nya bagaimana yah... apa bisa di cek melalui no ktp alamat ttl dsb
    Mohon bantuan nya

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus