Sabtu, Oktober 16, 2010

Jamsostek Kucurkan Rp4,2 Miliar untuk Mitra

Palangka Raya (ANTARA News) - PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) Cabang Palangka Raya telah mengucurkan anggaran kurang lebih Rp4,2 miliar untuk pinjaman pengembangan usaha mitra binaannya sejak tahun 1998 sampai dengan 2010.

"Kami selama ini sudah memberikan bantuan kepada 275 mitra binaan sejak 1998 sampai sekarang, dan untuk tahun 2010 sudah ada 10 mitra binaan yang menerima pinjaman dari Jamsostek dengan total Rp132 juta," kata Kepala cabang Jamsostek Palangka Raya Farid Wajedi, di Palangka Raya, Sabtu.

Menurutnya, mitra binaan Jamsostek Palangka Raya saat ini paling banyak adalah pengusaha yang bergerak pada bidang perikanan dan sembako, selain itu ada juga yang bergerak pada bidang industri kecil namun jumlahnya sangat sedikit.

Ia mengatakan, alasan kenapa paling banyak pengusaha ikan yang menjadi mitra binaan, karena pihaknya menginginkan sektor perikanan menjadi produk unggulan yang pengembangannya dibantu oleh Jamsostek Palangka Raya.

"Kami memiliki target bahwa kedepan Jamsostek akan memiliki desa binaan yang masyarakatnya bergerak sebagai pengusaha ikan, oleh karena itu kami memilih para pengembang perikanan sebagai mitra binaan yang paling dominan," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengakui bahwa dari sekian banyak mitra binaan 30 persen diantaranya pernah macet mengembalikan pinjaman, namun tidak terhenti total hanya terlambat melakukan pembayaran karena usahanya sedang ada masalah.

Pihaknya menjelaskan, untuk satu mitra binaan bantuan yang diberikan berkisar antara Rp5 - Rp20 juta, sesuai dengan usahanya yang dinilai layak untuk dikembangkan serta terjamin tidak macet melakukan pembayaran pengembalian pinjaman.

Persyaratan untuk menjadi mitra binaan Jamsostek yakni, usahanya sudah berjalan selama dua tahun, mengajukan proposal yang disetujui oleh suami istri apabila sudah bekeluarga, dan akan dilakukan survei oleh perusahaan sebagai dasar pemberikan jumlah pinjaman pengembangan usaha.

Sementara itu, pihaknya juga selalu memberikan pelatihan kepada para mitra binaannya untuk mengembangkan dan memanagemen usahanya agar menjadi lebih maju dan strategi untuk memasarkan hasil usahanya dengan nara sumber yang berkompeten.

"Kami baru-baru ini juga memberikan pelatihan untuk 50 orang mitra binaan Jamsostek tentang cara-cara menjadi sukses dalam mengembangkan usaha yang sudah dijalankan selama ini," tambahnya.

Oleh karena itu, Jamsostek mengharapkan para mitra binaan usahanya akan terus berkembang dan meningkat, serta tidak macet dalam melakukan pembayaran pengembalian pinjaman.

(ANT/S026)

[Via]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar