Sabtu, Oktober 16, 2010

Jamsostek Kutai Timur Terancam Ditinggal Nasabah

Politikindonesia - Pelayanan PT Jamsostek (persero) di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur banyak dikeluhkan oleh perusahaan yang menjadi nasabahnya. Bahkan Sejumlah perusahaan swasta mengancam akan meninggalkan BUMN asuransi tersebut jika tidak juga memperbaiki pelayanannya.

Keluhan dari perusahaan swasta tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kutai Timur, Asrul Anwarsyah, Senin (13/09). Dituturkan Asrul, beberapa perusahaan swasta sudah melapor ke kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi karena kecewa pada pelayanan PT Jamsostek di Sangata yang dinilai mereka tidak professional dan lambat.

“Mereka mengatakan akan pindah ke perusahaan jasa asuransi lain, apabila PT jamsostek tidak segera meningkatkan sistem pelayan cepat, bukan menunggu berhari-hari,” kata Asrul.

Dikatakan Asrul pula, sesuai imbauan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar, Jamsostek mesti mengelola secara universal dengan memberikan kesetaraan hak dan pelayanan secara nasional.

Sebagaimana dikemukakan Meneg BUMN, pendekatan untuk meningkatkan kepesertaan tidak hanya dilakukan secara represif melalui penegakan hukum/UU Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jamsostek, tapi juga secara persuasif. Ini dilakukan agar program Jamsostek menjadi kebutuhan pekerja dan perusahaan.

Asrul menengarai, yang menjadi penyebab lambatnya tingkat pelayanan PT Jamsostek di Kutai Timur karena status kantor tersebut hanyalah cabang pembantu. Sedangkan kantor cabangnya masih berada di Bontang.

“Itupun pegawainya kalau tidak salah hanya dua orang, laporan dikirim dulu ke Bontang, ini kan memperlambat pelayanan,” kata Asrul.

Untuk menghindari perusahaan-perusahaan tersebut beralih ke perusahaan asuransi lain, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur menyarankan PT Jamsostek agar membangun kantor cabang di Sangata karena jumlah perusahaan yang beroperasi di Kutai Timur sangat banyak.

“Perusahaan yang berskala nasional hingga skala internasional dan bergerak diberbagai sektor ada di Kutai Timur, seperti pertambangan, perkebunan, kehutanan, Rumah sakit dan lainnya,” kata Asrul memberi gambaran.
(zel/yk)

[Via]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar