Jumat, Oktober 15, 2010

SETIAP PEKERJA PESERTA JAMSOSTEK ; Berhak Pinjaman Renovasi Rumah

21/06/2010 JAKARTA (KR) - Setiap pekerja peserta Jaminan Sosial Tenaga Kerja berhak mendapatkan pinjaman renovasi rumah melalui kerja sama dengan bank (PRR-KB) maksimal Rp 30 juta. Jangka waktu pinjaman tersebut maksimal 10 tahun dengan perhitungan jasa administrasi 6% efektif anuitas (bunga tetap) per tahun.

Direktur Utama PT Jamsostek Hotbonar Sinaga mengatakan, bagi pekerja peserta jaminan sosial yang terdaftar minimal 5 tahun dan upah yang dilaporkan maksimal tercatat Rp 15 juta per bulan, dapat memperoleh PRR-KB. "Kini tinggal menunggu kesiapan perbankan dalam memproses PRR-KB. Bank Tabungan Negara (BTN) yang akan menjadi bank penyalur dana itu," katanya di Jakarta, kemarin.
Meski demikian, Hotbonar menjelaskan, bagi pekerja yang menjadi peserta Jamsostek harus tidak mempunyai tunggakan atau sudah melunasi pinjaman uang muka perumahan (PU MP). Selain itu, calon penerima PRR-KB juga sudah melunasi pinjaman uang muka perumahan kerja sama bank (PUMP-KB).

"Begitu pun tanah dan rumah yang akan direnovasi harus milik pekerja sendiri yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai cukup dari peserta Jamsostek," kata Hotbonar seraya mengungkapkan, bagi perusahaan peserta atau koperasi karyawan yang ingin mendapatkan PRR-KB dapat mengajukan dengan syarat terdaftar sebagai peserta Jamsostek minimal 2 tahun.

Para manajer personalia atau SDM di setiap perusahaan peserta, menurut Hotbonar, merupakan pejabat penanggung jawab pengurusan PRR-KB. Sedangkan untuk koperasi karyawan yang bertanggung jawab adalah pimpinan atau manajer koperasi.
Sebelumnya, BUMN itu memberikan bantuan Rp 500.000 untuk pembiayaan surat-menyurat bagi setiap PUMP yang disetujui. Bantuan sebesar itu, diberikan secara cuma-cuma untuk meringankan beban pekerja yang ingin membeli rumah secara kredit melalui program PUMP.
Para pekerja/buruh yang menjadi peserta Jamsostek bisa mendapatkan pinjaman Rp 20 juta dengan bunga 6% dan untuk meringankan beban administrasi, maka diberikan bantuan cuma-cuma Rp 500.000 untuk setiap usulan PUMP yang disetujui. (Ful)-g

[Via]

3 komentar:

  1. Anonim3:05 PM

    teman saya pernah ambil perumahan dengan memanfaatkan program PUPMP dri jamsostek, tapi itu secara kolektif dari kantor. Kalau secara individu bsa tidak? dan kalau bisa bagaimana cara mendapatkannya? apakah k kantor jamsosteknya dulu atau bagaimana? terima kasih

    BalasHapus
  2. Halo, nama saya Nur Auissa, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling Rp 25.000.000 karena saya membutuhkan 50.000.000 pinjaman modal besar Rp, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, bisnis saya hancur dalam proses yang saya kehilangan anak saya. saya tidak mampu berdiri lagi. semua hal ini terjadi Desember 2014, sampai saya berarti seorang teman yang memperkenalkan saya ke mary ibu yang baik yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu mary melalui email perusahaan: maryandersonloanfirm @ gmail.com, Anda bisa menghubungi saya melalui email ini; nurauissa@gmail.com untuk setiap informasi yang Anda perlu tahu. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Bisa d shere k alamat email buang.bts@gmail.com bu nur anisa.

    BalasHapus