Selasa, Juni 14, 2011

Tidak Ada Merger 4 Lembaga Jamsostek

Bandung, CyberNews. Dirut Jamsostek, Hotbonar Sinaga menyatakan bahwa tidak ada opsi merger terhadap 4 BUMN pengelola jaminan sosial. Menurut dia, kepastian itu diperoleh dari Kementerian BUMN

Demikian Hotbonar Sinaga usai menghadiri penyerahan Sertifikasi Manajemen Mutu ISO 9001:2008 kepada Kanwil Jamsostek Jabar-Banten dan 5 Kantor Cabang di Bandung, Senin (13/6) malam.

"Isu merger sudah tidak dibicarakan lagi, yang empat tetap dibiarkan tetap. Penciutan juga belum pasti dilakukan," tandasnya.

Sebelumnya opsi tersebut mencuat seiring mendekatnya waktu pengesahan RUU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial pada 15 Juli mendatang. Ke 4 BUMN itu adalah Jamsostek, Taspen, Asabri, dan Askes.

"Pemerintah menyadari, penyelenggara beberapa (lebih dari satu) jaminan sosial merupakan yang paling ideal seperti Philiphina, Korsel, Malaysia, dan Thailand," katanya.

Ditambahkan, keberadaan badan penyelenggara jaminan baru juga dianggap belum mempunyai arah yang jelas termasuk proses transformasi sekaligus transisi yang akan dilalui.

Hotbonar mengingatkan agar UU BPJS tidak mengikuti jejak UU Sistem Jaminan Sosial Nasional. UU No 40/2004 itu dinilai sebagai produk kejar tayang. Karena itu, implementasinya belum sepenuhnya teraplikasi. Di luar itu, dia mencurigai peran konsultan asing yang dianggap tidak mengetahui kondisi setempat dalam penyusunan program jaminan sosial.

( Setiady Dwi / CN34 / JBSM )

(Thanks: Suara Merdeka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar